Rabu, 08 Agustus 2012

Tugas PKN essay

1. Wawasan kebangsanaan adalah kesadaran berbangsa, yakni rasa yang lahir secara alamiah karena adanya kebersamaan sosial yang tumbuh dari kebudayaan, sejarah, dan aspirasi perjuangan masa lampau, serta kebersamaan dalam menghadapi tantangan sejarah masa kini. Dinamisasi rasa kebangsaan ini dalam mencapai cita-cita bangsa berkembang menjadi wawasan kebangsaan, yakni pikiran-pikiran yang bersifat nasional dimana suatu bangsa memiliki cita-cita kehidupan dan tujuan nasional yang jelas. Berdasarkan rasa dan paham kebangsaan itu, timbul semangat kebangsaan  atau semangat patriotisme.
Wawasan kebangsaan mengandung pula tuntutan suatu bangsa untuk mewujudkan jati diri, serta mengembangkan perilaku sebagai bangsa yang meyakini nilai-nilai budayanya, yang lahir dan tumbuh sebagai penjelmaan kepribadiannya.
 2. a. Model ortodoks : suatu bangsa sudah terbentuk lebih dahulu, kemudian membentuk satu negara sendiri. Bangsa-bangsa ini kemudian membentuk konstitusi, dan berdasarkan konstitusi ini dikembangkan sejumlah bentuk partisipasi politik warga negara.
    b. Model mutahir : suatu negara terbentuk lebih dahulu melalui proses tersendiri, sedangkan penduduknya merupakan kumpulan sejumlah kelompok suku bangsa dan ras. Munculnya kesadaran politik dikalangan satu atau beberapa kelompok suku bangsa untuk berpartisipasi dalam proses politik akan membawa mereka kepada pertanyaan yang lebih mendasar, yaitu pilihan rezim politik (konstitusi). Suatu bangsa akan terbentuk apabila pilihan rezim politik dan bentuk partisipasi politik sudah disepakati. Namun dalam proses politisasi menuju pencapaian kesepakatan tentang pilihan rezim politik dan bentuk partisipasi barangkali tidak semua kelompok masyarakat bersedia menjadi bagian dari bangsa itu karena tidak setuju dengan pilihan rezim dan bentuk partisipasi politik. Pihak yang tidak setuju inimungkin akan membentuk negara sendiri atau menghendaki bentuk kompromi, yaitu bersedia menjadi bagian dari bangsa itu asal mereka diberi otonomi khusus.
3. Integralistik
    Mengapa? karena persatuan antara rakyat dan negara diwujudkan dalam adanya pengawasan gerak-gerik masyarakat oleh kepala rakyat agar dapat senantiasa bermusyawarah dengan rakyatnya atau dengan kepala-kepala keluarga dalam desanya, agar supaya pertalian batin antara pemimpin dan rakyat seluruhnya senantiasa terpelihara. 
4. - Membasmi perzinahan
    - Menciptakan akhlak yan terpuji
    - Menegaskan aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.
    - Ikut membayar Pajak
    - Tidak individuallisme.
5. Fungsi negara merupakan suatu harapan atau cita-cita yang akan dicapai oleh negara, sedangkan fungsi negara merupakan upaya atau kegiatan negara untuk mengubah harapan itu menjadi kenyataan. Maka, tujuan negara tanpa fungsi negara adalah sia-sia, dan sebaliknya, fungsi negara tanpa tujuan negara tidak menentu.

1 ngutruk: