Selasa, 01 April 2014

Info Prakerin Minggu Ke 4

Assalamualaikum Wr. Wb
Yeah, pelaksanaan PRAKERIN sudah hampir menginjak 1 bulan sungguh tak terasa. Hari ini adalah hari ke delapan belas tepatnya pada hari Senin 24 Maret 2014 saya kembali melaksanakan rutinitas di PT. PLN Cipanas seperti biasanya hari ini saya tiba pada pukul 07.20 WIB. Setelah semua telah tiba di kantor pak Rendy pun mengumumkan kepada semua pegawai melalui speaker yang terpasang agar semua pegawai bergegas menuju lantai 2 untuk melaksanakan kegiatan COC rutin yang dilaksanakan pada hari Senin dan Kamis setiap Minggunya. Kali ini pelaksanaan COC di isi dengan laporan dari perwakilan pegawai PLN daerah Cugenang, setelah laporan selesai pegawai dari PLN rayon cipanas berkesempatan memberikan masukan dan saran. Setelah semua selesai pelaksanaan COC pada hari itu ditutup dengan renungan yang disampaikan oleh pak Dedi yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa.
Pelaksanaan COC selesai dilaksanakan hal selanjutnya yaitu melaksanakan tugas seperti biasanya di tempat biasa pula, pekerjaan hari ini yaitu melakukan beberapa peremajaan dan membantu perempuan membereskan AIL (Amplop Induk Langganan). Waktu berlalu tak terasa sesaat saya melihat jam ternyata sudah menunjukkan pukul 16.20 WIB 10 menit menuju jam pulang, karena pada saat itu sudah tidak ada pekerjaan lagi kami pun mulai membereskan barang – barang kami untuk selanjutnya menuggu sampai jam pulang dan setelah meminta izin pulang untuk kemudian bergegas pulang.

Hari ke sembilan belas, Selasa 25 Maret 2014. Saya tiba di PT. PLN pada pukul 07.33 WIB Yan terlambat tiga menit, “tetapi hal tersebut masih wajar” ujar pak Ari membalas permohonan maaf saya kala itu. Dengan rasa agak kecewa saya pun bergegas menuju meja saya untuk menunggu sampai ada pekerjaan yang bisa saya kerjakan, akan tetapi sampai azan Zuhur dikumandangkan tidak ada pekerjaan yang dapat saya lakukan selain melakukan sedikit peremajaan dan membuat barcode. Setelah selesai jam istirahat saya pun kembali menunggu pekerjaan apa yang bisa saya lakukan, tak berapa lama pak Ari memanggil saya dan dua rekan saya untuk ikut dengannya menuju gudang, sesampainya di sana ternyata kami disuruh untuk mendikte KWh 3 fhase ( KWh yang memiliki daya 6600 ke atas, biasa digunakan pada hotel atau bangunan besar seperti toko dan lain – lain ), karena pada KWh tersebut ada yang mengalami migrasi (MG) dan juga dinas gangguan (DG) sembari saya mendikte KWh tersebut dua rekan saya ditugaskan oleh pak Ari untuk membereskan dan membuang barang – barang yang sudah tak berguna (sampah). Setelah selesai kami pun kembali menuju lantai dasar dengan dua rekan saya dalam keadaan mengambil kantong yang berisikan sampah dari gudang.
Jam pun sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB kami pun segera meminta izin dan bergegas pulang setelah membereskan barang – barang kami dan mendapatkan izin untuk pulang.

Hari ke dua puluh, Rabu 26 Maret 2014. Saya tiba pada pukul 07.25 WIB berbarengan dengan rekan saya Andri Wisnu, saya pun bergegas menuju ke dalam dengan wajah senang pada saat itu, dikarenakan pada hari itu saya dan rekan – rekan dan juga pak Riki diminta untuk pergi ke PLN cimacan dimana di sana kami diminta untuk membereskan AIL yang begitu banyak. Pada jam 12.30 WIB kami tiba di PLN cimacan untuk melakukan tugas tersebut, kami pun di bawa ke gudang di mana AIL tersebut disimpan, setelah pak Riki membuka pintu gudangnya kami melihat begitu banyak AIL yang tersusun rapi di dalam lemari dan yang tersusun rapi di atas lantai, saya pun heran kenapa kami ditugaskan untuk membereskan AIL tersebut yang setelah kami lihat sudah dalam keadaan rapi??? Setelah pak Riki menanyakan kepada ibu Vera ternyata tugas kami adalah memberi batas pada setiap AIL yang ada di dalam lemari, pembatas diletakkan pada AIL dengan jumlah masing – masing 50. Setelah pekerjaan selesai dilaksanakan kami pun segera menuju bagian teras depan bangun sembari menunggu mobil yang akan menjemput kami.
Satu perjalanan dari cimacan menuju kantor PLN rayon cipanas selesai, kami pun tiba di kantor kembali pada pukul 14.30 WIB. Saya segera menuju mesjid yang terdapat di bagian dalam bangunan kantor PLN untuk menunaikan salat zuhur, setelah selesai salat saya pun kembali menuju meja saya dan menunggu pekerjaan apalagi yang diperintahkan pada saya, setelah beberapa lama menunggu pak Dedi pun menyuruh saya untuk membuat barcode untuk KWh LPB dimana tugas itu merupakan tugas terakhir saya pada hari itu dikarenakan jam sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB kami pun meminta izin dan berpamitan untuk bergegas pulang.

Hari ke dua puluh satu, Kamis 27 Maret 2014. Saya tiba pada pukul 07.20 WIB tiba pertama dibandingkan siswa PRAKERIN lainnya, saya pun tak lupa menyapa pegawai yang sudah tiba dan bergegas menuju meja saya untuk menyimpan tas serta menunggu rekan – rekan lainnya. Setelah semua datang, pak Riki menghampiri saya untuk memimpin doa penutup dalam acara COC pada hari Kamis ini. Tibalah kami pada penghujung acara COC pada hari ini dan tiba pula giliran saya untuk memimpin doa kala itu walaupun disertai dengan rasa gugup saya pun berusaha untuk menghilangkannya dan akhirnya saya berhasil memimpin doa penutup kala itu dengan rasa bangga yang belum saya dapatkan sebelumnya. Setelah acara COC selesai semua pegawai kembali menuju tempatnya masing – masing untuk melakukan tugas seperti biasanya. Setibanya saya dan rekan – rekan di meja masing -  masing dan setelah mendapatkan waktu istirahat cukup tak lama pak Ari pun meminta kami untuk menuju gudang diatas, setibanya kami digudang ternyata kami diminta untuk mengumpulkan MCB returans. Apa itu MCB returans? Merupakan MCB yang mengalami kerusakan atau telah rusak dan akan dikembalikan ke area (kantor PLN di Bypass) dan akan diganti dengan MCB baru sesuai dengan jumlah MCB returans yang telah rusak atau dikembalikan. Selesainya mengumpulkan MCB returans tak lama KWh baru datang, “hari besok akan menjadi hari yang tak membosankan namun akan menguras tenaga” seru saya dalam hati. Sebelum kami bergegas pulang kami membantu membawa dus – dus yang berisi KWh serta aksesorisnya ke ruang gudang, setelah selesai kami meminta izin dan bergegas pulang.

Hari ke dua puluh dua, Jumat 28 Maret 2014. Saya tiba pada pukul 07.35 WIB waktu yang tak pernah saya dapat sebelumnya dan karenanya saya tak mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan senam dari awal, jadi yang saya lakukan hanya menunggu dan melihat saja, namun ketika sesi pendinginan saya ikut melaksanakannya. Satu kegiatan senam selesai dilaksanakan semua pegawai beristirahat dengan membawa snack yang diberikan panitia / petugas, setelah semua pegawai selesai mengisi energinya lantas mereka pun kembali ke tempatnya masing – masing untuk bertugas. Dan akhirnya setelah menunggu kami pun diminta pak Ari untuk segera ke ruangan gudang untuk melaksanakn penempelan barcode pada KWh baru yang datang pada hari sebelumnya, kami pun segera melakukannya. Dan agar tidak menjadi pekerjaan yang membosankan kami pun memasukan candaan dalam pelaksanaannya yang pasti tak mengganggu pekerjaan kami tersebut.
Setelah melihat jam sudah menunjukkan pukul 11.30 WIB dan dikarenakan hari itu hari Jumat kami sebagai kaum lelaki segera bergegas menuju mesjid untuk menunaikan kewajiban salat Jumat, setelah selesai semua pekerja termasuk kami rehat sejenak dari pekerjaan untuk makan atau melakukan hal yang biasa dilakukan di waktu istirahat, sementara saya dan ketiga rekan saya memilih untuk mengisinya dengan makan siang. Waktu rehat selesai saya dan rekan – rekan kembali melakukan pekerjaan yang sebelumnya kami tinggalkan. Kami menyelesaikan pekerjaannya tepat pada pukul 16.45 WIB termasuk menyiapkan aksesorisnya yaitu CCO, Schoot, Stand Hook, Widht Clamp dan juga MCB, setelah selesai dengan pekerjaannya kami meminta izin untuk pulang setelah mendapatkan izin kami bergegas pulang.

Mungkin sekian info kegiatan PRAKERIN saya Minggu ini, dan dikarenakan ini merupakan Minggu terakhir di bulan Maret, jadi sampai bertemu di bulan April.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


0 ngutruk:

Posting Komentar