Sabtu, 22 Maret 2014

Info Prakerin Minggu ke 3

Assalamualaikum Wr. Wb.
Sudah berjalan 3 Minggu nih PRAKERIN, tidak terasa. Hari ini adalah hari ke tiga belas tepatnya pada hari senin 17 Maret 2014, saya kembali “kerja” di PT. PLN Cipanas, saya tiba di sana pada pukul 07.25 WIB ya saya tidak lupa untuk menyapa setiap pegawai yang telah berada di kantor. Tak berapa lama semua karyawan tiba karena waktu sudah menunjukkan pukul 07.30 WIB, dan para pegawai siap untuk mengikuti pelaksanaan COC pada hari itu. Setelah pelaksanaan COC selesai dilaksanakan kami bergegas menuju lantai 1 untuk kemudian menunggu tugas apa yang akan kami terima/kerjakan dari mentor kami, ternyata beliau menyuruh saya beserta rekan – rekan saya untuk melakukan peremajaan data seperti biasa pada data pelanggan. Waktu terus bergulir dan tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB, waktu di mana pegawai PLN bergegas pulang, kami pun segera pulang setelah meminta izin kepada mentor kami.

Hari ke empat belas, Selasa 18 Maret 2014, saya tiba pada pukul 07.15 dan tak lupa untuk menyapa para pegawai yang sudah terlebih dahulu tiba di sana. Setelah menunjukkan pukul 08.15 WIB kang Riki datang dan menyuruh kami untuk melanjutkan pekerjaan di hari sebelumnya yaitu melakukan peremajaan pada data pelanggan yang baru memasang KWh, dan pada hari itu pula tepatnya pada pukul 16.35 WIB kami berhasil menyelesaikan peremajaan pada data pelanggan tersebut, karena waktu sudah menunjukkan pukul 16.35 WIB kami pun segera meminta izin dan bergegas pulang, namun apa yang terjadi?????? Pada hari itu hujan lebat turun dengan lebatnya yang memaksa kami untuk menunggu sampai hujan mereda akan tetapi setelah menunggu + 30 jam hujan tidak kunjung reda ayah walaupun tak sederas sebelumnya kami pun memutuskan untuk pulang.

Hari ke lima belas, Rabu 19 Maret 2014, saya tiba pada pukul 07.20 WIB dan langsung menyapa pegawai yang sudah berada di sana. Pekerjaan yang rekan – rekan dan saya lakukan adalah melakukan kembali beberapa peremajaan data pelanggan setelah pekerjaan tersebut selesai tiba – tiba pak awan kami akrab menyebutnya datang dengan menginstruksikan kepada kami untuk membawa KWh pelanggan yang melakukan MG ( Migrasi ) atau DG ( Dinas Gangguan ). Saya jelaskan sedikit mengenai hal tersebut. Dimulai dari MG ( Migrasi ) dari katanya kita sudah bisa mendefinisikan yaitu berpindah / pindah merupakan kondisi atau situasi di mana pelanggan ingin mengubah KWh meternya dari KWh meter mekanik ( piringan ) menjadi KWh LPB ( pulsa ), sedangkan DG ( Dinas Gangguan ) sebuah keadaan di mana  KWh tidak berfungsi sebagaimana mestinya atau mengalami gangguan. Kami mengelompokkan mana KWh yang MG atau DG setelah selesai kami pun melakukan beberapa peremajaan kembali. Waktu sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB kami pun meminta izin da pamit untuk bergegas pulang.

Hari ke enam belas, Kamis 20 Maret 2014, saya tiba pada pukul 07.20 WIB dan tak lupa untuk menyapa pegawai yang sudah tiba di sana, saya pun langsung meletakkan tas dan kemudian duduk sembari mengoperasikan komputer yang ada, setelah semua datang dan tak lama kemudian pak Muhtar, manager PT. PLN Cipanas datang dari lantai dua menuju karah kami dan menyuruh kami untuk segera ke lantai atas untuk melaksanakan santapan rohani yang menurut informasi yang saya dapat dari pegawai PLN dilaksanakan sebanyak 1 bulan sekali. Setelah mendengar perintah dari pak Muchtar tersebut kami segera menuju lantai dua untuk melaksanakan santapan rohani tersebut yang akan dipimpin oleh Ust. Pipin Arifin santapan rohani pun dimuali pada pukul 07.45 WIB dan selesai pada pukul 08.30 di mana di dalamnya membahas separah apapun kondisi kita, mau sakit, atau dalam keadaan apapun itu jangan pernah meninggalkan ibadah kepada Allah SWT, contohnya seperti yang telah kita ketahui bagaimana sakit yang diterima Nabi Ayub a.s tetapi beliau tidak pernah meninggalkan kewajibannya melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Setelah pelaksanaan SANROH selesai semua pegawai bergegas meninggalkan tempat tersebut untuk kembali ke tempatnya masing – masing dan mengerjakan pekerjaannya. Pekerjaan hari ini adalah mengelompokkan KWh DG dan MG, membuat barcode untuk selanjutnya dipasang pada KWh baru yang dipesan pelanggan yang mengalami KWh rusak atau pasang baru, serta melakukan beberapa peremajaan pada data pelanggan. Jam pun sudah menunjukkan pukul 16.30 WIB kami pun segera meminta izin untuk bergegas pulang.

Hari ke tujuh belas, Jumat 21 Maret 2014, tiba pukul 07.25 WIB menyapa tidak saya lupakan, saya lantas bergegas menuju meja saya dan meletakkan tas kemudian pak Muchtar datang dengan menginstruksikan kepada pegawai yang sudah tiba di sana untuk segera keluar “karena hari Jumat ini akan diawali dengan senam SKJ” ujarnya, lantas saya pun segera keluar untuk mengikuti senam SKJ tersebut, singkat cerita senam yang dilaksanakan pada pukul 08.00 selesai dilaksanakan pada pukul 08.45 WIB, setelah selesai seluruh pegawai yang mengikuti senam SKJ diberi minum dan beberapa makanan kecil. Setelah istirahat yang cukup semua pegawai kembali ke aktivitasnya masing – masing seperti biasanya. Hari ini kegiatan saya adalah hanya melakukan beberapa peremajaan, tak lupa karena jam sudah menunjukkan pukul 11.25 WIB kami sebagai lelaki segera menuju mesjid terdekat untuk menunaikan kewajiban yaitu melaksanakan salat Jumat yang selesai pada pukul 12.30 WIB kami pun segera kembali ke kantor untuk melakukan pekerjaan lainnya, setelah tibanya di kantor saya hanya menunggu, tiba – tiba pak ari meminta saya agar ikut dengannya untuk “memperbaiki Kwh yang terpasang di sebuah hotel, lantas saya segera pergi dengan pak ari menuju hotel yang KWhnya bermasalah, setibanya di sana ternyata yang saya lihat KWh pada hotel tersebut tidak menggunakan KWh pulsa namun memakai KWh elektronik biasanya namun bedanya pada KWh elektronik ini disambungkan pada pada sebuah modem yang dipasang kartu SIM “ma***x” ternyata tujuan pak ari adalah hanya mengganti kartu SIMnya saja dikarenakan kurang mendapat sinyal, pak ari menggantinya dengan kartu “tel*****l” yang setelah di cek ternyata mendapat sinyal yang lebih baik dari pada kartu SIM sebelumnya. Setelah semua selesai saya dan pak ari bergegas kembali ke kantor PLN setibanya di sana saya menjumpai ruangan kantor yang telah kosong hanya tinggal pak riki dan rekan saya Andri Wisnu, setelah saya melihat jam ternyata sudah menunjukkan pukul 15.00 WIB di mana pada hari Jumat jam pulang pegawai adalah pada pukul 14.30 WIB lantas saya segera meminta izin kepada pak riki yang ada di sana untuk pulang telah mendapat izin saya dengan rekan saya bergegas untuk segera pulang.

Sekian Info PRAKERIN Minggu ini, terima kasih.

Wassalamualikum Wr. Wb.

5 ngutruk: