Sabtu, 15 Maret 2014

Info Prakerin Minggu ke 2

Assalamualaikum Wr. Wb.
Duh gak kerasa pelaksanaan PRAKERIN ludah masuk ke Minggu yang kedua! Hari ini Senin 10 maret 2014, saya dan rekan – rekan melanjutkan pekerjaan di PT. PLN (persero) Cipanas. Diawali dengan pelaksanaan COC (Code Of Conduct) pada pukul 07.30 s/d 09.30, maksud dari pelaksanaan COC adalah memberikan ruang pada setiap pegawai PLN, istilahnya untuk saling share/ membagi pengalaman atau saran yang dimiliki setiap pegawai PLN terhadap pegawai PLN lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan pekerjaan yang telah diberikan mentor kepada saya yaitu melakukan peremajaan, fungsinya sudah tertera pada nama pekerjaannya yaitu melakukan peremajaan / memperbaharui data pelanggan.

Hari ke sembilan, Selasa 11 maret 2014, saya tiba di PLN pada pukul 07.15 WIB. Hal pertama yang saya lakukan adalah menyapa setiap pegawai yang ada di kantor PLN. Setelah semua datang termasuk mentor saya Pak Ari panggilan akrabnya, saya dan rekan – rekan saya diperintahkan untuk membereskan gudang yang ada di lantai dua bangunan PLN, setelah itu saya disuruh untuk melakukan peremajaan kembali beberapa data pelanggan. Sebelum berangkat pulang saya tentunya melihat kalau mobil PLN bak terbuka sudah tiba didepan gedung PLN dengan beberapa dus KWh LPB dibawanya, lantas kami pun membantu memindahkan bara tersebut ke ruangan gudang di lantai 2, setelah habis kampiun bergegas pulang.

Hari ke sepuluh, Rabu 12 maret 2014, saya tiba di PLN tepat pukul 07.20 WIB. Seperti biasa hal yang pertama saya lakukan adalah menyapa setiap pegawai yang ada. Setelah itu saya menanti 2 rekan saya, setelah mereka datang selang beberapa waktu mentor saya datang, namun tak beberapa lama beliau izin keluar “ada pekerjaan dibeberapa tempat pelanggan” ujarnya, tak meninggalkan tanggung jawabnya begitu saja tugas beliau membingbing kami pun diserahkan kepada pak Riki begitu panggilan akrab kami. Hari itu kami pergi ke gudang ditemani pak Riki tentunya untuk merapikan dan memilah barang yang pada hari sebelumnya datang, seperti halnya KWh LPB, setelah selesai membereskannya kami pun disuruh memberi barcode pada KWh LPB tersebut berdasarkan nama, ID pelanggan, dan nomor KWh yang telah ditentukan dan dibuat oleh pak Riki. Waktu berlalu begitu cepat dan tak terasa salat Dzuhur dan Ashar telah kami lakukan dan waktu pun telah menunjukan pukul 16.20 WIB 10 menit lagi menuju jam pulang, bagusnya lagi pekerjaan memasang bercode pun selesai dengan tepat. Kami beserta Pak Riki bergegas keluar dari ruangan gudang dan menuju ke toilet untuk mencuci tangan yang kotor, karena waktu sudah menunjukan pukul 16.30 WIB kami pun diizinkan untuk bergegas pulang.

Hari ke sebelas, Kamis 13 maret 2014, saya tiba di pon pukul 07.14 WIB. Menyapa pegawai yang sudah tiba di kantor yang pertama kali saya lakukan. Membuka laptop dan menunggu rekan – rekan hal kedua yang saya lakukan. Setelah semua karyawan hadir di kantor pak Rendy pun mulai mengumumkan bahwa pelaksanaan COC hari kamis siap dimulai “SEMANGAT PAGI” serunya. Semua pegawai yang ada di lantai dasar pun bergegas pergi ke lantai dua untuk mengikutikegiatan COC.
Setelah kegiatan COC selesai semua pegawai bergegas kembali ke tempat kerja masing – masing, sama halnya dengan saya saya pun bergegas menuju tempat saya beserta rekan – rekan saya tentunya untuk menunggu tugas dari mentor atau pak Riki. Setelah menunggu berapa saat, kami memiliki tugas yang diberi oleh pak Riki, tugasnya yaitu “memasang barcode pada KWh LPB yang baru datang tadi malam” katanya, kami bertiga bergegas menuju ruangan gudang untuk melakukan tugas tersebut. Sesampainya Diana kami langsung mengerjakannya sampai selesai, setelah selesai kemudian pak Riki datang dan mengintrofeksikan apabila telah selesai dengan pekerjaan sebelumnya kalian harus menyiapkan asesoris untuk setiap KWhnya yaitu :
1.       MCB
2.       CCO
3.       Width Camp
4.       Scoot
5.       Stand Hook
Setelah asesoris siap, kami pun membereskan KWh beserta dengan asesorisnya karena fendor akan segera mengambilnya. Pak Riki pun memperbolehkan kami untuk bergegas pulang karena waktu sudah menunjukan pukul 16.45 WIB, setelah pamit kepada pegawai yang masih ada di kantor kami pun bergegas pulang.
Hari ke duabelas, Jumat 14 maret 2014, tiba pada pukul 07.25 WIB lalu menyapa pegawai yang sudah tiba di kantor. Setelah semua tiba saya diperintahkan untuk memberi barcode lagi pada KWh LPB dan menyiapkan asesorisnya, setelah selesai dan jam telah menunjukan pukul 11.30 WIB semua pegawai lelaki segera bergegas menuju mesjid untuk menunaikan kewajiban sebagai kaum lelaki yaitu melaksanakan salat jumat. Setelah selesai menunaikan kewajiban kami pun kembali ke kantor untuk melakukan pekerjaan lainnya, namun setelah kita menunggu ternyata tidak ada pekerjaan lagi yang bisa kami bantu/ kerjakan, lantas kami meminta izin untuk bergegas pulang karena sudah jam 15.00 WIB (hari jumat semua pegawai pulang jam 15.00).
Mungkin itu saja laporan kegiatan pelaksanaan PRAKERIN dimunggu kedua ini, karena hari ini hari Sabtu maka saya libur “bekerja” di PT. PLN Cipanas. Happy weekend.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

1 ngutruk:

  1. nice gan :D


    komback www.ifadilahproductions.tk/2014/03/prakerin-minggu-kedua-di-pt-telkom.html

    BalasHapus